Inilah Cara Sukses Membudidayakan Melon Dengan Lahan Terbatas

Produsen & Distributor Plastik Polybag – Lim Corporation

Buah melon atau yang umum dikenal dalam bahasa Latin dengan Cucumis melon L adalah tanaman yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae atau labu – labuan. Tanaman buah melon yang merambat dan menjalar ini ternyata berasal dari dataran Persia kemudian menyebar ke berbagai wilayah, seperti Eropa, Amerika, Timur Tengah, Asia dan Indonesia. Sentra buah melon di negara Indonesia terdapat di beberapa daerah, yaitu Jawa Barat, Kalianda Lampung, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Banyak manfaat yang ada pada buah melon untuk kesehatan dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit. Sebab buah melon ini mempunyai beberapa kandungan gizi, yaitu fosfor, vitamin, serat, air, potassium, dan karbohidrat. Beberapa manfaat melon yang sangat terkenal yaitu sebagai antioksi dan pencegah penuaan dini, mencegah kanker sebab di dalam buah melon terkengandung karotenoid dan mencegah serangan jantung. Melon juga sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Buah melon baik dikonsumsi untuk kaum hawa yang sedang menjalani program diet sebab kandungan sodium pada melon yang cukup rendah

Baca Juga :
Prospek Bisnis Budidaya Apel India
Mengenal Lebih Dekat Sayuran Lobak
Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal

Untuk anda yang ingin menanam melon, namun tidak mempunyai lahan yang cukup luas anda jangan khawatir karena anda bisa memakai media tanam polybag. Cara menanam buah melon ini merupakan alternatif untuk anda yang sedang berhobi berkebun, namun hanya mempunyai lahan yang sempit. Polybag merupakan media tanam yang sangat praktis, mudah dipindahkan, diletakkan di tempat yang sempit, dan harganya juga terjangkau. Tahapan menanam buah melon menggunakan media polybag sebenarnya tidaklah sulit, anda hanya membutuhkan keseriusan dan ketelatenan dalam hal berkebun. Hasil buah melon dengan media tanam polybag bila dilakukan dengan benar dan tepat maka hasilnya tidak akan kalah berkualitas dengan melon konvensional yang ditanam di lahan atau kebun.

Polybag2

Tahapan menanam buah melon dalam polybag :

Persiapan media tanam dalam polybag
1. Media tanam polybag harus gembur dan juga banyak mengandung unsur hara. Media tanam yang dipakai adalah campuran tanah, pupuk kandang, sekam bakar, dan sekam mentah. Dengan perbandingan 3 : 2 : 1 : 1 kemudian aduk hingga rata dan tercampur.
2. pH ideal untuk menanam melon berkisar 6 – 7. Bila pH dibawah 6 maka tambahkan kapur dolomit dan campurkan dengan media tanam.
3.  Untuk media tanam pilihlah tanah yang topsoil atau memakai tanah dekat tempat pembakaran.
4. Bersihkan tanah dari akar, sampah atau bahan – bahan organik lainnya.
5. Bila media tanam sudah selesai dicampur jangan langsung anda tanami, namun didiamkan dulu dari tempat yang terlindung hujan kurang lebih selama 5 hari supaya media mendingin.

Persiapan menanam bibit melon ke dalam polybag
1.  Benih melon bisa diperoleh di toko pertanian atau toko online.
2. Anda dapat langsung menanam benih melon atau disemai terlebih dulu. Bila anda ingin disemai terlebih dulu, maka caranya adalah dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1.
3. Rendam benih buah melon dengan air hangat selama kurang lebih 2 jam.
4. Lalu tiriskan dan simpan dengan kertas koran yang basah.
5. Langka selanjutnya masukan kertas koran yang berisi benih melon tadi ke dalam kantong plastik hitam. Kemudian simpan kantong plastik tersebut di tempat yang gelap dan hangat selama 24 jam.
6. Apabila sudah muncul kecambah, masukan benih ke dalam polybag semai. Anda harus hati – hati saat memasukan semai, jangan sampai akar kecambah patah atau rusak.
7. Sekitar seminggu kemudian, benih melon sudah bisa dipindahkan ke media tanam.

Iklan FP (6) (1)

Menanam biji melon di polybag
1. Benih melon yang sudah mencapai umur 1 minggu tadi sudah siap untuk dipindah ke media tanam.
2. Jangan lupa untuk membuat lubang tanam sesuai ukuran polybag, kemudian lepaskan plastik polybag semai secara hati – hati. Kemudian tanam 1 bibit melon ke dalam 1 lubang tanam.
3. Lakukan penanaman saat sore hari, hal ini dikerjakan untuk mencegah kematian benih.
4. Langka selanjutnya siram media tanam secukupnya supaya benih tidak layu.
5. Benih yang baru ditanam bisa langsung diletakkan di bawah sinar matahari langsung.

Pemupukan tanaman melon
Tahapan selanjutnya yaitu melakukan pemupukan susulan. Pemupukan susulan dikerjakan saat melon mulai ditanam hingga menjelang dipanen. Gunakan jenis pupuk KNO3 yang untuk pohon melon dalam dan untuk polybag adalah pupuk NPK 16 : 16 : 16. Pemupukan bisa dilakukan dengan cara menaburkan langsung atau dilarutkan dengan air terlebih dulu kemudian disiramkan ke tanaman melon.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman melon
Untuk pengendalian hama untuk tingkat penanaman melon sebagai hobi bisa menggunakan pestisida nabati. Bila diperlukan,pakailah insektisida untuk membasmi hama dan dan gunakan fungisida untuk membasmi penyakit yang disebabkan oleh jamur. Penyemprotan dikerjakan setiap pagi hari dengan pengulangan 4 – 5 hari sekali atau sesuai kondisi.

Pemanenan buah melon
Buah melon bisa dipanen ketika melon sudah berusia kira – kira 90 hari setelah tanam. Untuk anda yang sedang dalam proses pemanenan anda bisa melihat ciri – ciri buah melon yang sudah siap panen.
1. Buah melon sudah mengeluarkan aroma harum khas buah melon.
2. Serat jala yang ada pada permukaan kulit melon terlihat kasar dan jelas.
3. Warna kulit buah melon hijau kekuningan.
4. Daun pada tanaman melon sudah mulai mengering.
5. Terdapat retakan pada sekitaran tangkai kulit buah melon.

Banner Polybag 18

* Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *